Kamis, 21 Februari 2013

Langkah-langkah menjalankan Photoshop CS2

Untuk menjalankan Photoshop CS2, lakukan langkah-langkah berikut ini :
  1. Klik tombol Start -> All Programs -> Adobe Photoshop CS2. Selain cara ini anda dapat menjalankan Photoshop melalui desktop dengan memilih icon Photoshop yang anda buat/ persiapkan sebelumnya.
    Gambar 1. Memilih Aplikasi Adobe Photoshop CS2
  2. Tunggu beberapa saat hingga tampil lembar kerja Photoshop CS2.
Gambar 2. Tampilan Aplikasi Photoshop CS2

Lembar Kerja Photoshop CS2
Jika anda pendatang baru yang ingin belajar dan menekuni bidang grafis dan akan menggunakan Photoshop, maka sebaiknya anda lebih familiar dengan lembar kerja yang disuguhkan Adobe photoshop cs2.
Lembar kerja Photoshop dilengkapi dengan beberapa komponen sebagai berikut :
1. Title Bar
  • Restore : digunakan untuk mengembalikan ukuran jendela aplikasi ke bentuk semula (sebelum dirubah ukurannya).
  • Move : digunakan untuk memindah jendela aplikasi.
  • Size : digunakan untuk merubah ukuran jendela aplikasi.
  • Minimize : digunakan untuk merubah ukuran jendela aplikasi menjadi ukuran terkecil yang diletakkan dibaris taskbar.
  • Maximize : digunakan untuk merubah ukuran jendela aplikasi menjadi satu layar penuh.
  • Close : digunakan untuk menutup jendela aplikasi yang sedang aktif.
2. Menu Bar
Yaitu sederetan menu yang dipersiapkan untuk membantu dalam proses pembuatan/ pada saat melakukan editing pada gambar. Dari masing-masing menu pada menu bar diberikan nama yang berlainan untuk membedakan fungsi dan kegunaan secara spesifik pada menu tersebut.Untuk mengaktifkan menu salah satu menu tersebut dapat dilakukan dengan salah satu cara dibawah ini :
  • Klik pada menu yang akan anda aktifkan, selanjutnya klik pada sub menu yang ingin anda gunakan.
  • Gunakan tombol Alt+huruf yang digaris bawahi pada menu. Misalnya Alt+L untuk mengaktifkan menu Layer untuk selanjutnya gunakan anak panah kiri (←), kanan (→), atas (↑), dan bawah (↓) untuk memilih menu berikutnya.
3. Options Bar
Options bar adlah pilihan tombol yang ditampilkan untuk melengkapi pilihan pada toolbox, jika pada computer yang anda gunakan belum diaktifkan, lakukan langkah berikut untuk mengaktifkan Option Bar : Klik menu Window => Option atau dengan tombol Alt+W,n maka pada bagian bawah menu bar akan tampil sebuah tombol options.
4. Toolbox
Saat pertama anda menjalankan Photoshop, toolbox akan diletakkan dibagian sebelah kiri layar. Toolbox adalah tombol yang digunakan untuk membuat dan melakukan editing gambar. Untuk memilih toolbox dengan cara melakukan klik pada tombol yang anda kehendaki, bagian yang dilengkapi dengan anak panah dibagian kanan bawah pada tombol, tanda tersebut menunjukkan tombol tersebut masih menyimpan tombol lain yang tersembunyi. Masing-masing tombol dalam toolbox mempunyai nama, untuk menampilkan nama toolbox yaitu dengan cara menempatkan pointer mouse di atas tombol tersebut, maka akan tampil tool tip yang menampilkan nama tombol dan perintah shortcut yang berguna untuk menggunakan tombol tersebut secara cepat.
4. Palettes
Palettes membantu anda untuk melakukan monitoring dan memperbaiki gambar. Dalam keadaan default palette akan ditempatkan secara bersamaan dalam satu groups.

1 komentar: